Trik Cara Melanjutkan/Memindahkan Download-an IDM ke Komputer Lain

20 February 2013 | |
internet download manager tips
Hallo Konnichiwa.. Eru desu, o genki desuka? Salam sejahtera buat semuanya :D. Kali ini saya mau share trik untuk melanjutkan/memindahkan download-an di IDM ke komputer lain, mungkin trik ini sudah tidak asing lagi bisa disebut juga "repost" :D hehe. Namun saya harap bisa bermanfaat bagi yang belum mengetahuinya. Yosh ikimasu yo..


Pertama-tama cari lokasi file download-an anda di explorer/computer, biasanya untuk Windows 7 lokasinya ada di:

C:\Users\Master\AppData\Roaming\IDM\DwnlData\Master

dan untuk Windows XP biasanya di:

C:\Documents and Settings\Master\Application Data\IDM\DwnldData\Master

Screenshot pada Win7:


 "Master" disini merupakan nama user yang anda gunakan pada komputer anda, nah dalam folder "Master" ini terdapat folder download-an anda dan didalamnya terdapat file-file download-an biasanya terdiri dari beberapa part, dan perlu diperhatikan angka yang saya tandai (bulat merah) diakhir nama folder pada gambar diatas merupakan angka petunjuk nanti pada registry.

Kemudian copy folder download-an yang anda inginkan dan simpan/paste dimana saja terserah anda pada media transfer anda.

Setelah itu kita masuk ke registry, dengan cara mengetik regedit pada Search programs and files pada start menu (untuk windows 7), atau gunakan run yang biasanya terdapat pada start menu (windows xp) dan ketikan regedit.

SS pada Win7:

Sugi wa (next :D) kita masuk ke registry editor, buka folder HKEY_CURRENT_USER lalu Software lalu DownloadManager

Screenshot: 
Nah didalam folder DownloadManager ini terdapat folder angka yang merupakan registry folder download-an anda, angka-angka tersebut selalu sesuai dengan akhir nama folder yang terdapat pada lokasi download-an anda berada yang telah saya sebutkan di atas, cari angka registry folder yang anda inginkan, kalau tidak ada biasanya download-an tersebut sudah complete atau dihapus. Dalam folder ini terdapat tiga key: LocalFileName, LocalPath, dan LogFileName, yang merupakan key penting agar nanti download-an anda dapat dilanjutkan di komputer lain. Dalam LocalFileName terdapat nama file yang sedang anda download untuk contoh diatas adalah idm615-eudl.rar

Perhatikan bagian yang saya tandai (kotak merah) itu merupakan path/lokasi download-an anda berada.

Kemudian klik kanan pada folder angka yang anda inginkan kemudian pilih export

SS:

Dan save/simpan di tempat hasil copy folder download-an anda sebelumnya, beri nama file sesuai dengan angka folder agar mudah. Hasil save-an dari file ini berekstensi .reg yang nanti akan digunakan untuk memindahkan registry key download-an anda ke komputer lain.

Selanjutnya kita akan memulai memindahkan download-an ke komputer lain. (Pindah ke komputer target)

Pertama copy/pindahkan folder download-an yang anda telah copy di awal tutorial ke folder dimana lokasi hasil download-an pada komputer lain/taget berada. Lokasinya kurang lebih sama seperti yang telah disebutkan di awal tutorial hanya saja biasanya yang berbeda adalah nama user-nya.

Setelah itu klik dua kali file .reg yang telah kita export tadi, klik Ok, ini akan menambahkan registry folder download-an anda pada registry di komputer target/lain, kemudian masuk ke registry editor/registry, dan masuk ke folder DownloadManager, langkahnya sama seperti yang telah dijelaskan diatas. Disana akan terdapat folder angka download-an anda, klik folder tersebut kemudian perhatikan tiga key yang telah disebutkan diatas, yaitu LocalFileName, LocalPath, dan LogFileName. Klik dua kali file-file tersebut.

SS:

Kemudian ubah Value data sesuai dengan path lokasi dimana folder download-an sekarang berada, biasanya kita hanya tinggal merubah nama usernya saja (contoh diatas nama usernya "Master") sesuai dengan nama user yang digunakan oleh komputer target/lain. Lalu klik Ok dan selesai.

Langkah selanjutnya close terlebih dahulu Internet Download Manager-nya dan buka kembali agar download-an yang anda pindahkan dapat mucul di list download IDM dan viola.. download-an anda pun berhasil dipindahkan. Omedeto gozaimasu :D

Sekian trik/tutorial dari saya dan terima kasih telah mengunjungi Share Wanna :), semoga trik ini bermanfaat bagi anda dan semoga trik dari saya ini tidak sulit untuk diikuti hehe :D

7 comments:

  1. trik yang menarik,...
    sekedar info: aku sudah bikin aplikasinya jadi tinggal klik-klik saja selesai, dan lagi ini tidak akan mempengeruhi setting idm di komputer yang lain.

    ReplyDelete
  2. maksudtnya gk pake setting registry lagi ta gan? jdi langsung master donlodnya dsave dflasdisk dpindah dkomputer lain donlod pke idm langsung bisa

    ReplyDelete
  3. bisa gan tapi kok ndak di terusin kok mulai dari awal lagi downloadnya.. kan asalnya tu 17 % lha pasa aku coba mlah mulai dari 0 persen

    ReplyDelete
  4. entu tergantung server downlotan ente. kalo emang bisa di paus ya bisa lanjut gx dari awal lagi

    ReplyDelete
  5. ane udah ndownload udah 100% pas lagi rebuilding malah jadi 25% gan -_-

    ReplyDelete
  6. http://bagusjuga.blogspot.com/2014/04/cara-resume-download-file-di-idm.html

    ReplyDelete